PERAN BERMAIN DALAM PERKEMBANGAN ANAK
Belajar sesuatu yang tidak bisa diajarkan orang lain padanya.
Belajar tentang dunianya dan tentang dirinya
Cara mengaitkan sesuatu terhadap situasi
Bagaimana beradaptasi
Berkesinambungan
Proses kehidupan yang rumit
Stressful
Berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan orang lain
ISI BERMAIN
Utama:
Aspek fisik
Hubungan sosial
Mengikuti trend terarah
Ad. 1. Aspek Fisik
Umur sama
Tipe penyakit relatif sama
Ketergantungan pasien/anak
Tidak harus di ruang yang khusus
Ad. 2. Hubungan Sosial
Dilihat dari kesesuaian, tema bermain dengan usianya
Ada hubungan sosial dengan temannya
Ad. 3. Mengikuti Trend Terarah
Belajar naik sepeda bertahap dari roda 4 3 2
A. BERMAIN AFEKTIF SOSIAL (SOCIAL AFFECTIVE PLAY)
Bayi/anak merasa senang berhubungan dengan orang disekitarnya.
Contohnya : Ortu berbicara, memeluk, bersenandung.
Memberi respon
Tersenyum, mendekur, tertawa, beraktivitas, dll
Beragam sesuai kultur
B. BERMAIN UNTUK BERSENANG-SENANG (SENSE PLEASURE PLAY)
Tanpa ada interaksi orang lain pada diri anak itu
Pengalaman tanpa stimulasi sosial
Ex: obyek lingkungan seperti warna, bau, rasa, cahaya, dll.
Contohnya : benda alam, gerak tubuh
Menstimulasi indra
Memberi kesenangan
C. BERMAIN UNTUK KETRAMPILAN/SKILL
Berulang kali melakukan dan melatih kemampuan yang baru di dapat
Nyeri dan frustasi. Contohnya : naik sepeda
D. PERILAKU BERMALAS-MALASAN (UNOCCUPIED BEHAVIOR)
Tidak bermain tetapi memusatkan perhatian pada segala sesuatu yang menarik dirinya
Melamun
Dia tidak terlibat pada yang dia lihat
ON LOOKER contohnya : lihat TV ia terlibat secara emosional
E. BERMAIN DRAMATIK/P. SIMBOLIK ATAU PURA-PURA
Dimulai pada akhir masa bayi (usia 11 – 13 bulan)
Contohnya : berpura-pura melakukan kegiatan keluarga, seperti: makan, tidur, minum
Pada usia Toddler kegiatan berupa hal-hal yang dikenalnya.
Pada usia pra sekolah kegiatan sehari-hari tetapi lebih rumit
Bermain pura-pura merupakan acuan untuk mengujikan dan mengasimilasikan perilaku dewasa (Connoly, Doyle dan Reznick, 1988)
F. PERMAINAN GAME
Sendiri atau bersama-sama teman
contohnya : puzzle, soliter, komolter game dan video.
Pada bayi permainan imitatif (ciluk ba)
G. PERMAINAN KOMPETITIF
Permainan anak sekolah dan remaja
contohnya : kartu, catur, halma dan kasti.
Anak pra sekolah sulit
Permainan kompetitif tapi sukar untuk menerima kekalahan.
contohnya : Menipu untuk menang
Mengubah aturan main
FUNGSI BERMAIN
A. PERKEMBANGAN SENSORIK MOTORIK
Semua tingkat usia terutama bayi
Anak mengeksploitasi alam sekitarnya.
Bayi
Melalui stimulasi taktil (sentuhan), audio, visual.
Todler dan Pra sekolah
Gerakan-gerakan tubuh dan eksplorasi lingkungan
Sekolah dan Remaja
Memodifikasi gerakan tubuh lebih terkoordinasi dan rumit.
contohnya : lari, balap sepeda
B. PERKEMBANGAN INTELEKTUAL
Melalui eksplorasi dan manipulasi
contohnya : belajar warna, bentuk, ukuran, manfaat benda, buku cerita, angsa, film, koleksi, dll.
Meningkatkan ketrampilan bahasa
Menerapkan/mengulangi pengalaman masa lalu ke dalam persepsi dan dihubungkan ke hubungan yang baru
Membantu memahami dunia tempat tinggalnya
contohnya : Panas siang Dingin malam
Membedakan khayalan dan kenyataan
SOSIALISASI
Bayi perhatian dan rasa senangnya akan kehadiran
contohnya : bayi menangis tidak ditolong tidak percaya orang lain
Kontak sosial pertama anak adalah figur ibu
Sampai usia 1 tahun bayi memeriksa bayi lain, memeriksa obyek lain dilingkungan.
Usia 2 – 3 tahun permainan pura-pura dengan ibu dan anak, dokter, pasien, penjual dan pembeli.
Kemudian meluas teman sementara dan teman permanen
Usia Pra sekolah
Sadar akan keberadaan teman sebaya, mengidenrtifikasi ciri yang ada pada setiap teman bermainnya
Usia sekolah teman 1 atau 2 orang yang disukai, belajar memberi dan menerima. Belajar peran gender, benar dan salah nilai moral dan etik, mulai memahami tanggung jawab dari tindakannya.
KREATIFITAS
Elkind ( 1991 )
“ Hebatnya tekanan akademik “ yang ditimpakan pada anak, perceraian orang tua,
orang tua bekerja lelah meningkatkan tanggungjawab yang dibebankan pada anak dan mengurangi kesempatan anak untuk bermain spontan dan berkhayal
KESADARAN DIRI
Dimulai dengan eksplorasi aktif tubuh dan kesadaran bahwa dirinya terpisah dari pengaruh.
Kemampuan anak meningkat untuk mengatur dirinya
Mulai membandingkan kemampuan dengan orang lain
Belajar tentang efek perilakunya pada orang lain
NILAI TERAPEUTIK
Melepaskan stress dan ketegangan
NILAI MORAL
Belajar salah/benar dari kultur, rumah, sekolah, interaksi.
contohnya : bila ingin diterima sebagai anggota, kelompok, anak harus mematuhi
Kode perilaku yang diterima secara kultur, adil, jujur, kendali diri, mempertimbangkan kepentingan. Orang lain.
KARAKTERISTIK SOSIAL
Bayi interaksi bermain terjadi antara bayi dan orang dewasa
Egosentris akhir peduli pada oranglain.
Todler berkelahi tidak mampu bertoleransi terhadap penundaan kebutuhan personal.
Pre School berkompromi/menerima aturan, interaksi dengan teman sebaya, meningkatkan kemampuan kenseptual dan ketrampilan sosial sehingga peran serta meningkat.
Bermain Onlooker/mengamati
melihat apa yang dilakukan orang lain tapi tidak ada usaha untuk ikut bermain
contohnya : menonton TV
Bermain Soliter/Mandiri
Menyukai kehadiran orang lain tapi tidak ada usaha untuk mendekat atau berbicara hanya terpusat pada aktivitas/permainannya sendiri.
Bermain Pararel
Bermain mandiri ditengah anak lain tidak sama dengan Assosiasi Kelompok.
CIRI BERMAIN ANAK TODLER:
Bermain Assosiatif.
Bila bermain/beraktivitas serupa bersama tetapi tidak sama aturan/pembagian kerja, pemimpin bersama.
Ciri penularan perilaku
Bermain kooperatif/terorganisir. Bermain dalam kelompok ada perasaan
kebersamaan/sebaliknya, terbentuk hubungan pemimpin dan pengikut.
KARAKTERISTIK BERMAIN
A. TRADISI
- Setiap generasi meniru permainan generasi berikutnya
- Permainan yang memuaskan akan dilanjutkan
- Perubahan musim
B. WAKTU DAN USIA
- Waktu berkurang sesuai usia
- Jumlah dan ragam aktivitas bermain berkurang
- Aktivitas fisik berkurang
- Waktu untuk aktivitas spesifik meningkat
- Perhatian menyempit tetapi > lama
- Jumlah dan usia teman ( > sedikit dan spesifik )
- Permainan anak 4 katagori
# Imitiatif
# Eksplorasi
# Menguji
# Model mainan / bangunan
- Satu tipe akan mempredomiare atas yang lain pada usia spesifik
contohnya : Bermain initiatif bayi
Ciluk ba
Bermain initiatif pra sekolah
Permainan Dramatik rumah-rumahan, sekolah setelah dewasa
Aktivitas spontan, lebih formal dan terstuktur serta kepatuhan seksnya
C. POLA PERKEMBANGAN
Usia bertambah
Penggunaan material > bermakna
contohnya : Balok
MAINAN
Adalah : Obyek dinamisasi untuk berinteraksi dan perkembangan kognitif
Terkait dengan keagaman dan kegunaan benda untuk dieksplorasi dan bereksprimen.
MEMILIH MAINAN
Mainan ditarik, didorong dan digelundungkan. Dimanipulasi mengajarkan property fisik, membantu mengembangkan otot dan koordinasi.
Aturan elemen kerja sama dan organisasi permainan yang ada aturannya (board games).
Untuk meningkatkan keterampilan dan menstimulasi imajinasi.
Kotak, tanah liat/lilin dan balok memberi banyak obyek simbolik dan menimbulkan impuls kreatif. Contoh: balok untuk menghitung, bentuk dan ukuran.
Tidak perlu mahal/elaborate
Bayi dan anak kecil ; kebahagiaan dari alat dapur sederhana.
KEAMANAN PERMAINAN
Evaluasi keamanannya merupakan tanggung jawab dewasa
Tidak menimbulkan ancaman terhadap kesehatan dan kenyamanan
BERMAIN TERAPEUTIK
I. REAKSI ANAK TERHADAP HOSPITALISASI
Riset Distress emosional terjadi selama dan setelah rawat inap
Respon aktif : menangis, bergantung pada orang tua, menolak pengobatan dan merusak.
Respon pasif : tidur berlebihan, tidak mau berkomunikasi, mengurangi aktifitas dan tidak mau makan.
Gangguan perilaku dan masalah pembelajaran
Regresi tempetantrum dan toilet training
II. TEORI PERKEMBANGAN DAN BERMAIN TERAPEUTIK
Gibbon dan Boren 3 type bermain yang bermanfaat untuk mengurangi stress, yaitu:
1. Recreational Play spontan dan tidak terstruktur
2. Terpeutik Play orang dewasa menstruktur aktifitas untuk tujuan tertentu.
3. Play Therapy interpretasikan permainan dan merekomendasikan intervensi yang sesuai.
Untuk membantu anak memahami perilakunya dan mengubah yang tidak sepantasnya.
Dua intervensi Terapautik (Delpo dan Frick, 1988)
a. Bermain terapeutik terarah
b. Bermain terapeutik tidak terarah
Pendekatan Psikososial
Tujuan sama:
Memberi pengalaman pada anak untuk menyelesaikan konflik internal
Memperoleh keterampilan mengatasi pengalaman hidup yang sulit.
III. 1. BERMAIN KETIKA ANAK MASUK RUANG RAWAT
Identifikasi sebagai periode kritis/titik stress.
Diperlukan intervensi secara periodik untuk koping dan penyesuaian diri.
Latar belakang informasi:
Reaksi anak hospitalisasi tergantung pada:
kepribadiannya selama dirawat
latar belakang sosial dan suku
persiapan yang dimlikinya
pengalaman sakit sebelumnya
diperoleh dari keluarga/kerabat
Perawat:
Perlu memahami kepedulian spesifik berbagai kelomok usia.
Contoh: perpisahan dengan orang tua
Bayi, toddler dan pra sekolah
Usia sekolah dan remaja
Keterlibatan teman sebaya sangat bermanfaat
III. 2. PERTIMBANGAN KHUSUS
bermain membantu perawat kontak dan membina hubungan dengan keluarga.
Cara supportif dan tidak mengancam
harus mengamati komunikasi verbal dan non verbal anak.
Untuk mengetahui:
kesesuaian perilaku anak dengan usianya
maturasi emosional
kemampuan memahami arahan/informasi dan keterampilan
Indikator psikologis selama pengamatan adalah:
jumlah MRS
sistem pendukung keluarga
faktor stress di rumah
alasan masuk
TUJUAN KEGIATAN
Empat (4) strategi kegiatan utama:
1. memeberi informasi:
mengorientasikan klien dengan tujuan: mengurangi keasingan dan prosedur asing.
2. memicu normalisasi
MRS stressfull menganggu rutinitas normal karena lingkungan asing. “Proses Normalisasi”: menjadikan lingkungan RS menyerupai rumah.
3. menggunakan sistem pendukung
kehadiran orangtua dan kerabat akrab adalah sangatlah penting.
4. mengidentifikasi teknik koping
perawat membantu mengenal teknik koping.
PERHATIAN PERAWAT KETIKA ANAK MASUK RUANG RAWAT
Mendesain tanda “ Selamat Datang” dan menggantungnya di pintu
Meminta orantua mengisi angket untuk mengidentifikasi kebiasaan makan, mandi dan tidur anak.
Menyediakan radio di ruangan, buku-buku cerita, dll
Perhatian khusus keterlibatan kontrol dewasa.
Bentuk pertanyaan yang digunakan: adakah sesuatu yang khusus yang terfikir olehmu sementara kamu sedang ……………. Atau apa ini ?.
AKTIVITAS SENI EKSPRESIF DENGAN ALAT KEDOKTERAN
“Dilakukan bila anak terlalu cemas/takut dengan tipe alat kedokteran atau anak terlalu tua untuk main dokter-dokteran.
Bermain tidak langsung/humor
Empat (4) tipe bermain medikal:
1. Bermain dokter-dokteran mengulang peran (Role rehearsal/Role reversal)
2. Bermain dokter-dokteran fantasi
3. Bermain dokter-dokteran tidak langsung
4. Bermain seni dokter-dokteran
Peralatan medik secara langsung/tidak langsung dengan menggambar, melukis, memegang alat, dll (untuk mengatasi, menyalurkan dan menyelesaikan konflik tanpa kata-kata)
Tujuan Terapi Seni:
1. Meluaskan rentang komunikasi
2. Pembelajaran eksplorasi yang menarik
3. Memberikan tugas dan penghargaan
4. Meningkatkan penghargaan emosional
Anak dapat mengekspresikan dirinya secara efektif, kognitif, simbolik dan kreatif.
Contoh: bentuk permainan:
• Gunakan kantong/botol infus untuk membuat boneka dan kepala bisa dibuat dari balon yang dilapisi perban.
• Gunakan penekan lidah sebagai alat bermain dengan tanah liat.
KONSEP BERMAIN DALAM AKTIFITAS SEHARI-HARI
DAN RUMATAN KESEHATAN
Penyakit dan hospitalisasi
kopingnya terbatas
stessfull
reaksi sesuai usia
Perubahan status kesehatan dan rutinitas
• Nutrisi
• Cairan
• Higiene
TINJAUAN TEORITIS
A. Stressor Utama Bayi
“Perpisahan dengan orangtua”.
Timbulkan segera rasa percaya dengan perhatian untuk memenuhi kebutuhan bayi.
Keseimbangan antara stimulasi motor dan istirahat.
B. Toddler
Mempunyai otonomi dan ritual tertentu terutama: makan, minum, mandi dan toilet.
Aktivitas sehari-hari:
terganggu Respon negativisme dan Regresi.
C. Pra Sekolah
Memerlukan penjelasan yang sederhana, jelas dan ilustrasi.
D. Usia Sekolah dan Remaja
• Kemandirian
• Identitas individual
• Penerimaan teman sebaya.
Berkurang selama hospitalisasi.
Reaksi marah dan frustasi terhadap:
• Tirah baring
• Makanan rumah sakit
• Bantuan mandi dan aktivitas
- Beri kesempatan untuk berperan dalam perencanaan keperawatan
- Menambah Keleluasaan pribadi
- Memfasilitasi beberapa bentuk interaksi dengan teman sebaya.
HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM
RUMATAN KESEHATAN PADA ANAK
• Nutrisi dan cairan
Cairan tubuh didapat dari:
oral, makanan, karbohidrat, protein dan lemak.
Cairan keluar melalui: ginjal, saluran cerna, paru-paru, kulit, drainage luka, fistel, dan perdarahan.
Riset:
• Walaupun singkat puasa dapat menambah kinerja pendidikan
• Defisit zat besi/anemia terkait dengan buruknya keluasan perhatian
• Defisit kognitif terkait dengan nutrisi dan atau diit.
NUTRISI BERDASARKAN USIA:
Bayi:
Stimulus internal menentukan rasa lapar. Makan berkaitan dengan interaksi, rasa aman, nyaman dan kasih sayang.
Toddler dan Pre School:
• Telah terbina kebiasaan makannya
• Telah belajar banyak tentang makanan sesuai dengan kultur dan sosial ekonomi keluarga.
Sekolah dan Remaja:
• Pilih makanan sesuai perubahan fisik dan tuntutan kebutuhan nutrisi
• Gangguan nutrisi (anoreksia dan obesitas), disebabkan:
- meningkatnya kemandirian
- kurangnya penerimaan akan nilai yang ada
BATASAN DIIT YANG BERKAITAN DENGAN SITUASI KONFLIK
• Persiapan untuk tes diagnosa
Mencegah terpengaruhnya hasil test.
Contoh: test untuk sistem gastrointestinal yang memerlukan pembersihan usus.
• Presedasi untuk anastesi
Lambung kosong (mencegah mual, muntah, resiko aspirasi)
• Diit terapeutik (dikombinasikan dengan medikasi).